Featured Post

PENGALAMAN MASUK KE RAUDHAH

Raudhah adalah salah satu tempat yang ada di dalam masjid Nabawi yang merupakan tempat mustajabnya doa. dan merupakan taman syurga.

Sebagaimana hadist Nabi Muhamad SAW, sbb:

"Di antara rumahku dan mimbarku ada raudhah min riyadhil Jannah (sebuah taman di antara taman-taman surga." (HR. Bukhari).

Raudhah merupakan salah satu tempat yang dimuliakan oleh Allah SWT, sesuai dengan kehendakNYa. 

Sobat tidak boleh protes atau mempertanyakan hal tersebut, karena itu sudah ketentuanNya.

Sepengetahuan saya, bahwa batas tempat yang ada di dalam masjid Nabawi yang termasuk ke dalam area Raudhah yaitu ditandai dengan karpet yang berwarna hijau. 

Jika sobat ingin masuk dan berdoa ke dalam Raudhah, sobat harus perhatikan jadwal nya ya.. (Khusus wanita).

Jadwal untuk wanita dibatasi tidak seperti laki-laki, jadi ada jam-jamnya. 

Dalam satu hari, ada 3 kali Raudhah dibuka untuk kaum hawa.

Setelah Shalat Subuh, setelah Shalat Dzuhur, dan setelah Shalat Isya.

Sobat yang baru pertama kali masuk ke dalam Raudhah harus mengikuti segala intsruksi dan bimbingan Mutawifah (Guide wanita). 

Sebab butuh perjuangan dan kesabaran yang EXTRA TINGGI, dengan mematuhi segala perintah dan larangan yang diinformasikan.

Seperti saat sobat diminta untuk patuh tidak menggunakan kamera atau telepon genggam selama di dalam Raudhah, berdoa dan sholat secukupnya, hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 

(HP atau kamera di sita askar, terinjak atau terdorong jamaah lain).

Kali pertama ke Raudhah, sobat yang menggunakan jasa travel akan diantar oleh seorang muthawifah.

Waktu yang sering diambil dipagi hari yaitu setelah sarapan, sedangkan untuk malam hari setelah makan malam.

Adapun setelah dzuhur setahu saya jarang ada travel yang mengambil waktu ini. 

Nah sobat yang sudah mengetahuinya bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk masuk ke dalam Raudhah untuk kali ke dua, (jika sobat tidak ada acara lain dari agen travel sobat).

Setelah menunggu beberapa lama, petugas atau askar wanita yang menjaga Raudhah akan memanggil sobat dengan sebutan suku bangsa. 

Seperti memanggil orang-orang Indonesia, Asia tenggara, dengan kategori MELAYU. Orang-orang India dan Pakistan, PAKISTAN, TURKEY dll.


Tips Masuk Raudhah Wanita

1. Gunakan pakaian gamis yang simpel serta kerudung langsungan, dan sebaiknya syal yang biasa dikalungkan di taruh terlebih dahulu ke dalam tas tentengan. 

(Untuk menghindari baju terinjak atau syal tertarik tanpa sengaja saat berdesakan).

2. Bersihkan hati dan luruskan niat, jangan memaksa berdesakan atau mendorong ntuk dapat posisi yang terdepan, setelah sobat masuk di karpet berwarna hijau sudah cukup bahwa sobat sudah berada di Raudhah

3. Segera lakukan sholat dan berdoa ketika menginjak karpet berwarna hijau, dengan sendrinya orang-orang yang mendesak sobat akan bergantian melindungi sobat yang sedang sholat dari desakan jamaah lain. (Alhamdulillah itu yang saya alami)

4. Sebaiknya sobat masuk Raudhah pada jadwal MELAYU, jangan jadwal orang-orang tinggi besar, dikhawatirkan sobat akan terdesak dan terinjak.

5. Saat sobat selesai sholat dan berdoa, berikan tempat kita kepada orang lain yang juga menginginkannya (harus berbagi ya sobat... orang lain juga ingin masuk syurga 😇).

6. Sholat hajat dan sholat mutlak masing-masing 2 rakaat (jika memungkinkan).

7. Sebaiknya berdoa setelah sholat dilakukan sambil berdiri, menjaga supaya sobat tidak terinjak.

8. SABAR SABAR SABAR adalah kunci untuk bisa masuk, sholat, dan berdoa di dalam Raudhah. InsyaaAlloh sobat akan mendapatkan Raudhah dalam keadaan khidmat.
Foto Lorong pelataran setelah keluar dari Raudhah
Foto setelah keluar dari Raudhah
Itulah tips dan pengalaman yang dapat saya bagikan seputar Raudhah. semoga bermanfaat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENGALAMAN MASUK KE RAUDHAH"

Post a Comment

Silahkan berkomentar berkaitan dengan isi konten. Mohon untuk tidak berkomentar yang dapat menimbulkan ujaran kebencian dan isu SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel