Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Wanita Berpengaruh Dalam Sains

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 8 maret, diperingati sebagai hari perempuan sedunia, tiap tahunnya.

Tahukah sobat, bahwa hari perempuan internasional pertama kali dirayakan pada 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh partai Sosialis Amerika Serikat (wikipedia).

Bermula pada tanggal 8 Maret 1917 memicu para perempuan di Petrogad untuk berunjuk rasa yang menyebabkan terjadinya Revolusi Rusia. 

Dan pada hari tersebutlah resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada saat itu, yang kemudian dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Baiklah kali ini sebagai hari perempuan sedunia, maka saya akan membagikan tentang 5 wanita yang berpengaruh di dunia Sains:

1. Marie Curie, dia adalah wanita yang ahli dalam bidang fisika.

Pemilik nama lengkap Maria Skłodowska-Curie adalah seorang perintis dalam bidang radiologi dan pemenang Hadiah Nobel dua kali, yakni Fisika pada 1903 dan Kimia pada 1911.
5 Wanita Berpengaruh Dalam Sains
https://www.tehiis.com (Marie Curie)
Ia mendirikan Curie Institute. 

Bersama dengan suaminya, Pierre Curie, ia menemukan unsur radium.

Saking mencintai dunia fisika dan radiologinya tersebut, wanita jenius ini mendedikasikan hidupnya untuk meneliti zat radio aktif.

Dan menemui ajalnya yang diakibtkan zat radio aktif dalam tubuhnya. (Terima kasih ya, Marie, kamu berjasa untuk dunia sains)

2. Lise Meitner, dia adalah sosok terkenal dan dihormati dalam bidang fisika inti; Einstein menjulukinya "Madam Curie Jerman".

Ia lahir pada tahun 1878 di Vienna, Austria. Anak ketiga dari Hedwig dan Philipp Meitner.
https://www.tehiis.com (Lise Meitner)
3. Sofia Kovalevskaya, dia adalah ahli fisika dan matematika.

Dan merupakan wanita utama Rusia pertama dan murid Karl Weierstrab di Berlin. Pada 1884, ia diangkat sebagai profesor di Universitas Stockholm, wanita ketiga di Eropa yang menjadi profesor.
5 Wanita Berpengaruh Dalam Sains
https://www.tehiis.com (Sofia Kovalevskaya)
4. Rosalind Franklin, dia adalah seorang ilmuwati yang mengadakan penelitian tentang struktur DNA bersama Francis Crick, James Watson, dan Maurice Wilkins dengan difraksi sinar X.
5 Wanita Berpengaruh Dalam Sains
https://www.tehiis.com (Rosalind Franklin)
5. Mileva Maric, dia adalah mantan istri Albert Einstein yang merupakan tokoh fisika ternama.

Yang nomor 5 ini saya masukan ke dalam list wanita yang berpengaruh di dunia sains, meskipun tidak secara langsung. 
5 Wanita Berpengaruh Dalam Sains
https://www.tehiis.com (Mileva Maric)
Namun asal sobat tahu bahwa yang mempengaruhi teori-teori fisika yang terlahir dari MBAH FISIKA yaitu Mbah Einstein, salah satunya dipengaruhi oleh mantan istrinya ini.

Jadi saya masukan ke dalam list. (boleh-boleh saja ya...kan gak boleh lupain jasa mantan juga.. hehe).

Itulah 5 wanita yang berpengaruh dalam dunia Sains, semoga menambah pengetahuan buat sobat.

Apabila ada saran dan komentar atau tanggapan tentang seputar topik yang dibahas, silahkan tinggallkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah.



ikomaria
ikomaria Berprofesi sebagai engineer bidang persinyalan kereta api, semenjak lulus S1 Fisika, dengan tetap menjalankan hobi ngeblog sebagai sarana untuk berekspresi dan berbagi dalam bentuk tulisan, dari secuil pengalaman ringan guna menyalurkan hobi dan sekedar berbagi.

Post a Comment for "5 Wanita Berpengaruh Dalam Sains"