Featured Post

3 Tips Memilih Capres Bagi Pemula

https://www.tehiis.com/
Hak sebagai warga negara Indonesia di dalam bidang politik tentu saja harus dijalankan dengan baik, salah satunya dengan ikut berpartisipasi menyumbangkan hak pilih dalam pesta demokrasi.

Pesta demokrasi yang akan segera digelar April 2019 mendatang untuk memilih calon legislatif (caleg), calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres).

Memilih dan menentukan capres dan cawapres bisa dibilang seperti memilih pasangan hidup, harus tepat dan click, supaya bahagia, aman sentausa dan memiliki visi, misi yang sesuai.

Kita dapat membaca berbagai sumber dari hasil riset yang terpercaya untuk mengetahui seperti apa calon yang akan kita pilih nantinya, sehingga dapat lebih meyakinkan teman-teman dalam menentukan pilihannya.

Jangan sampai karena kurang informasi, teman-teman memilih calon yang kurang tepat atau lebih parahnya lagi tidak menggunakan hak pilihnya alias golput.

Satu suara menentukan masa depan bangsa, jangan bilang seperti ini "ah.. milih gak milih, atau milih yang mana juga tetap sama saja, Indonesia mah gini-gini aja gak ngaruh". 

(pernyataan ini sempat terucap oleh saya sendiri, namun akhirnya sadar dan mengambil sikap untuk tidak ngasal apa lagi golput :) demi perubahan bangsa ini menjadi lebih baik)

Teman-teman milenial yang baru memiliki hak pilih, namun masih belum tahu akan memilih yang mana.

So...jangan khawatir, kali ini akan dibagikan tips memilih capres dan cawapres yang tepat dari berbagai sumber yang telah dihimpun.
Tips memilih capres dan cawapres bagi pemula, diantaranya sbb:

1. Mengenali calon yang akan dipilih.

"Tak kenal maka Ta'aruf (kenalan) :D "...kita harus kenalan dulu dengan cara membaca track-record masing-masing calon diberbagai bidang terutama dibidang politik berdasarkan sumber informasi terpercaya.
  • Apakah calon tersebut pernah berprestasi ketika menjabat atau memimpin suatu daerah?
  • Berangkat dari partai pengusung atau independen, dan seperti apa latar belakangnya (visi misi)?
  • Bagaimana cara menangani masalah, apakah cepat tanggap atau lambat?
  • Bagaimana kedekatannya dengan masyarakat (berbagai kalangan termasuk teman-teman milenial)?
Seperti yang diungkapkan Mahfud MD "pilihlah calon pemimpin yang lebih banyak bagusnya atau sedikit jeleknya" (sumber: tribunstyle.com)

2.  Pilih pasangan calon yang memiliki visi misi yang paling mendekati aspirasi teman-teman.
https://www.tehiis.com/

Sebagai generasi milenial yang baru memiliki hak pilih, maka tentunya teman-teman memiliki keinginan pribadi untuk suatu perubahan bangsa ini.

https://www.tehiis.com/
Misalnya ingin memiliki pemimpin yang cerdas, ganteng, gaul dan dekat dengan generasi milenial. ("resmi bisa santaipun bisa".. eh kaya iklan :D, maksudnya pilih pemimpin yang memimpin dengan ahlak, hati dan otak)

3. Tentukan pasangan calon yang memiliki kriteria seperti pemimpin-pemimpin terbaik terdahulu.

Pada saat musim kampanye masing-masing pasangan calon akan mengkampanyekan sederet visi misi dan janji-janji yang akan diberikan.

Perlu teman-teman ingat untuk tidak mudah mempercayai semua janji-janji yang diberikan sebelum kita melihat dan mempelajari rekam jejaknya secara utuh.

Sederhananya, para calon tersebut saat pernah memimpin apakah dia istiqomah/konsisten dalam hal-hal bagus atau tidak.

Sebagai muslim, kita ketahui bahwa pemimpin tertinggi umat islam yaitu Nabi Muhamad s.a.w, beliau memiliki jiwa kepemimpinan, ahlaq mulia, jujur, terpercaya, adil dan pintar.

Selain itu kita belajar dari cara memimpinnya Nabi Muhamad s.a.w, beliau dapat mengayomi dan melindungi kaum mayoritas dan minoritas, sehingga dapat menyatukan umat bukan memecah belah umat.
https://www.tehiis.com/
Nah.. teman-teman bisa memilih calon yang mendekati kriteria tersebut, minimal ada beberapa diantaranya. (karena tidak akan pernah ada pemimpin yang sama dengan Nabi Muhamad s.a.w)

Demikian ulasan mengenai 3 tips memilih capres bagi pemula, semoga bermanfaat dan menambah informasi.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Tips Memilih Capres Bagi Pemula"

Post a Comment

Silahkan berkomentar berkaitan dengan isi konten. Mohon untuk tidak berkomentar yang dapat menimbulkan ujaran kebencian dan isu SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel