Featured Post

Tentang Teh Iis Geulis

Tentang Teh Iis CantikBernama lengkap Iis Komariah, S.Si (dicantumkan gelar pendidikan terakhir atas saran dosen saya. Menurut beliau bahwa pencantuman gelar adalah salah satu tanda menghargai perjuangan kita selama mengenyam pendidikan hingga memperoleh gelar tersebut, yang diperoleh dengan penuh perjuangan, do'a dan harapan dari orangtua dan orang-orang tersayang tentunya. Selain itu juga pencantuman nama gelar untuk membedakan anatara Iis Komariah alumni UPI dengan Iis Komariah pemilik warung nasi :D :D).

Berkat doa dan dukungan tersebutlah, maka pada Juli 2009, Alhamdulillah saya lulus dengan nilai sangat memuaskan, dan memperoleh gelar sarjana sains fisika dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Banyak pengalaman yang diperoleh selama menjadi mahasiswa UPI, selain dalam bidang akademik, juga dalam bidang organisasi, dan kegiatan di luar akademik lainnya.

Organisasi yang saya ikuti saat menjadi mahasiswa diantaranya; Himpunan Mahasiswa Fisika (Bendahara) dan Reporter Kampus (Reporter Radio). 

Salah satu pengalaman mengesankan saat menjadi Bendahara adalah, saat itu kami mengadakan satu acara yang bernama "Dialog Civitas Akademi Fisika" (acara talk show interaktif antara dosen dan mahasiswa yang dikemas secara fun dan ringan. Isi acaranya lebih kepada curhatan dan opini yang ingin disampaikan mahasiswa kepada dosen-dosennya baik itu dalam cara mengajar, nilai, ataupun mata kuliah dan prospek masa depan. Narasumbernya saat itu Dekan, Ketua Jurusan, dan perwakilan dosen dan mahasiswa).

Dana kas yang kami punya saat itu sangat minim sekali, untuk mengadakan acara talkshow sebesar tersebut, maka saya sebagai bendahara waktu itu tertantang untuk bisa mengatur sedemikian rupa keuangan yang akan digunakan. 

Berkat kerja sama dan kerja keras tim, kami berhasil mendapatkan sponsor untuk acara tersebut dan Alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses, dengan banyak  feed back positif kepada kami setelah acara tersebut selesai.

Selain itu pengalaman berkesan seputar organisasi lainnya adalah menjadi Reporter Kampus Radio, saat saya harus melaporkan langsung berita yang berhasil saya himpun pada saat itu (peliputan tentang acara pelatihan multimedia yang diikuti banyak mahasiswa dari berbagai jurusan). 

Tiba-tiba saya sakit perut dan tidak tahan harus ke toilet. Untungnya live report radio, yang tidak menayangkan gambar, jadi saya waktu itu bela-belain siaran langsung  report ke radio dari toilet umum..haha.

Oh ya saya lahir di kampung yang sama dengan Thor dan Loki (ASGAR). Tapi kalau saya AsGar alias Asli Garut :). Pada 10 Mei 198..., anak dari seorang ayah (H. Barkowi) yang mengajar ngaji anak-anak usia TK dan SD, serta seorang Ibu (Hj. Iah) yang sebagai ibu rumah tangga yang gorengan tempe buatannya adalah menu paling saya favoritkan. Saya anak ke-8 dari 9 bersaudara, namun yang ada sekarang tinggal 7 bersaudara, jadi sekarang saya anak ke-6 dari 7 bersaudara.

Pengalaman kerja: Bidang Pendidikan (Guru Fisika-Sony Sugema Collage, Asisten Dosen Teknik Elektro UNIGA, Guru Privat), Bidang Engineering (Freelancer-Engineering Persinyalan Kereta Api, Engineer-ALSTOM, Engineer-Alkmaar Asia Pacific).

Dengan pengalaman sebagai tenaga pengajar alias guru, dan asisten dosen membuat saya banyak belajar bagaimana menyampaikan suatu materi dengan baik dan benar di depan orang lain dalam kondisi apapun.

Pengalaman yang paling mengesankan adalah, saat dimana saya sedang tidak merasa enak badan, dan harus menyampaikan materi di depan kelas dengan lantang, karena kelas yang saya pengang saat itu berjumlah hampir 20 an siswa. Kondisi siswa yang beragam, aktif dan ramai adalah tantangan terbesar untuk extra sabar, jangan marah, dan tetap bisa mengkondisikannya. 

Awalnya para siswa tetap ribut, namun setelah saya coba bercerita dan bermain game untuk mengembalikan fokus mereka, diselingin dengan candaan yang membuat mereka bisa terhibur, akhirnya mereka mau jinak saat itu...haha. 

Pengalaman bidang Engineering yang mengesankan adalah saat saya ditugaskan dalam Proyek Luar Negeri pertama, yaitu proyek CTC (Centrllized Traffic Control) stasiun Hanoi s.d Vinh. Saya tergabung sebagai Leader tim Desain. Saya sangat terkesan dengan klien yang asli orang Vietnam, sehingga menambah suasana baru. 

Saat saya ditugaskan ke negara tersebut untuk Installasi sekaligus menjadi trainer seputar CTC. Waktu itu ketika menyampaikan materi dengan menggunakan bahasa inggris, kemudian diterjemahkan oleh penterjemah ke dalam bahasa lokal tersebut, Unik dan menarik bagi saya. Selain itu bisa bekerja sama dengan orang yang sangat berbeda adat, budaya, dan bahasa, menjadi kesan tersendiri dan menambah pengalaman baru buat saya.

Saya juga menjadi bagian dalam proyek-proyek dalam negeri lainnya, seperti stasiun Cirebon Modifikasi, Cirebon-Waruduwur, Duri-Manggarai, Lemah Abang-Dawuan, Kosambi-Kedunggedeh, Karawang-Klari, Kiaracondong-Cikudapateuh, Padalarang-Gedebage, Cimhai-Cimindi-Andir.

Proyek luar negeri lainnya yang juga tergabung sebagai support dalam tim proyek Australia-Melbourne, Rotterdam-Metro. Itulah pengalaman kerja yang hingga saat ini saya masih menggelutinya.

Hobi saya adalah menonton film, membaca buku, baca berita, baca seputar perkembangan sains dan teknologi, kulineran, menulis dan dunia perkeretaapian yang termasuk ke dalam kerjaan saya saat ini.

Dengan adanya hobi dan pengalaman yang dimiliki, saya mencoba menuangkan menjadi sebuah tulisan yang bisa menjadi media saya untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri. Sehingga terbentuklah sebuah blog yang berjudul Teh Iis Blog. Karena kebanyakan teman-teman tidak sebaya, jadi memanggil saya teteh,😅. Teteh adalah panggilan kakak dalam bahasa sunda. Daripada bingung mencari judul blog sudah saja saya jadikan panggilan tersebut untuk judul blog saya "Teh Iis Blog".




0 Response to "Tentang Teh Iis Geulis"